Cerdas Memilih Kain Batik

Dalam memilih batik, desain dan motif batik patut pula diperhatikan agar sesuai dengan peruntukkannya. Misalnya, untuk acara-acara resmi, lebih baik memilih batik yang bermotif klasik.

Ada tiga macam desain batik, yakni gaya klasik yang banyak ditemukan pada batik Solo dan Yogyakarta; batik pesisir yang desainnya sudah terkena pengaruh dari luar Jawa, seperti batik Pekalongan, Cirebon, Lasem, dan lain-lain; serta batik kontemporer, yang motifnya modern, abstrak, dan tidak sesuai pakem batik klasik.

Perlu diingat, batik berkualitas biasanya dibuat dengan motif yang jarang, langka, dan tidak pasaran. Ini yang membuat harga batik tulis jauh lebih mahal dibandingkan tekstil motif batik yang diproduksi secara massal. Semakin unik motif batik, biasanya harganya pun semakin mahal karena umumnya dibuat dalam jumlah yang sangat terbatas.

Pemilihan bahan juga harus diperhatikan dalam memilih batik. Bahan yang bagus seperti sutera alam, sutera alat tenun bukan mesin (ATBM) dan katun halus menghasilkan kualitas dan warna yang lebih bagus dibandingkan bahan lain. Katun juga lebih nyaman digunakan di wilayah tropis dan membutuhkan perawatan yang lebih mudah daripada bahan sutera.

admin

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *